Cara Membuat Surat Permohonan Buku Pelaut


Syarat Membuat Buku Pelaut



Untuk bisa membuat buku pelaut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, pelaut harus memiliki sertifikat keahlian dari sekolah pelaut atau lembaga pelatihan kepelautan. Kedua, pelaut harus memiliki sertifikat kesehatan yang diterbitkan oleh dokter yang telah diakui oleh otoritas kepelautan. Ketiga, pelaut harus memiliki sertifikat keselamatan yang diterbitkan oleh lembaga yang telah diakui oleh otoritas kepelautan.


Cara Membuat Surat Permohonan Buku Pelaut



Untuk membuat surat permohonan buku pelaut, pertama-tama kita harus membuat surat permohonan yang berisi informasi tentang diri kita sendiri seperti nama, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, serta alamat. Selain itu, surat permohonan juga harus mencantumkan jenis dan kelas buku pelaut yang diinginkan.
Setelah itu, surat permohonan harus dilengkapi dengan fotokopi sertifikat keahlian, sertifikat kesehatan, dan sertifikat keselamatan. Surat permohonan dan fotokopi sertifikat tersebut kemudian harus diserahkan ke kantor otoritas kepelautan yang terdekat dengan tempat tinggal.


Keuntungan Memiliki Buku Pelaut



Mempunyai buku pelaut memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah sebagai bukti bahwa kita memiliki kualifikasi keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang pelaut. Selain itu, buku pelaut juga digunakan untuk memperoleh izin kerja di kapal-kapal di seluruh dunia dan juga menjadi syarat untuk mengikuti kursus atau pelatihan kepelautan.


Biaya Membuat Buku Pelaut



Biaya untuk membuat buku pelaut bervariasi tergantung pada jenis dan kelas buku pelaut yang diinginkan. Namun, secara umum biaya untuk membuat buku pelaut cukup terjangkau dan bisa dibilang tidak terlalu mahal.


Waktu Pembuatan Buku Pelaut



Waktu pembuatan buku pelaut juga bervariasi tergantung pada jenis dan kelas buku pelaut yang diinginkan. Namun, secara umum waktu pembuatan buku pelaut memerlukan waktu sekitar 2 minggu hingga 1 bulan.


Kesimpulan



Membuat surat permohonan buku pelaut memerlukan persyaratan yang harus dipenuhi seperti sertifikat keahlian, sertifikat kesehatan, dan sertifikat keselamatan. Namun, memiliki buku pelaut memiliki banyak keuntungan seperti sebagai bukti bahwa kita memiliki kualifikasi keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang pelaut dan juga menjadi syarat untuk memperoleh izin kerja di kapal-kapal di seluruh dunia.

close